Facebook, Twitter dan Google plus hanyalah beberapa dari situs jejaring sosial yang oleh banyak orang disebut sebagai salah satu media paling kuat di dunia bisnis. Sementara banyak pemasar mengetahui potensi jaringan seperti ini, ada berbagai bisnis yang belum mengeksplorasi apa yang dapat mereka lakukan dengan pemasaran media sosial. Saran dalam artikel ini harus membantu bisnis mengembangkan pendekatan pemasaran yang mencakup penggunaan media sosial yang efektif.

Jika Anda akan menggunakan Twitter sebagai alat bisnis, maka Anda harus tetap terhubung dengan audiens Anda. Jika orang menyebutkan Anda berterima kasih kepada mereka, dan jika pertanyaan dikirimkan kepada Anda, jawablah juga. Ini akan membantu Anda membangun dan mempertahankan fondasi yang lebih solid dengan pelanggan potensial Anda. Ini membuat Anda tampak manusia dan bukan hanya entitas bisnis robot.

Apakah Anda ingin memiliki hubungan nyata dengan pelanggan, Buat iklan Anda tetap sederhana ketika Anda ingin meningkatkan penjualan melalui pemasaran media sosial. Jika Anda ingin pelanggan Anda membeli produk Anda sesekali, mulailah dengan mengatakan “Halo.” Ini memberi klien Anda kendali untuk mengambil alih percakapan.

Jika Anda ingin membuat profil media sosial, Anda harus bersedia untuk terus memperbaruinya. Sebagian besar pengguna jejaring sosial mengharapkan pembaruan sesering mungkin, dan jika Anda tidak memberikannya, Anda dapat memberi diri Anda nama buruk dan kehilangan banyak pelanggan. Cobalah untuk memberikan pembaruan beberapa kali seminggu.

Pastikan Anda mengaktifkan fitur berikut di jejaring sosial pilihan Anda. Anda dapat memberikan komunikasi terkini kepada pengunjung Anda dengan tetap berkomunikasi melalui Twitter, Facebook, Linkedin, atau layanan jaringan lain yang mereka gunakan. Jangan abaikan kemungkinan menggunakan beberapa situs juga.

Bicaralah dengan pelanggan Anda secara teratur. Jika sesuai dan relevan, tinggalkan komentar di blog pelanggan atau halaman Facebook. Selama Anda memiliki komentar untuk ditambahkan yang terkait dengan topik yang sedang dibahas, Anda harus berinteraksi dengan ramah untuk membangun hubungan antara Anda dan pangkalan Anda.

Buat akun Yahoo untuk Anda sendiri. Setelah Anda melakukan ini, habiskan beberapa waktu browsing melalui Yahoo Answers. Situs web ini memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pertanyaan dan mendapatkan jawaban dari pengguna lain. Teliti setiap pertanyaan yang terkait dengan apa yang Anda tawarkan dan kemudian tuliskan jawaban untuk ini, sebutkan produk Anda. Anda bisa menjadi ahli dengan memberikan jawaban berkualitas dalam kategori tertentu.

Minta posting blog Anda ditampilkan langsung di halaman LinkedIn berkat aplikasi umpan blog. Setelah artikel diposting, artikel itu akan muncul sebagai diperbarui di profil LinkedIN. Dengan begitu, Anda dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dan menghasilkan paparan maksimum karena Anda akan berkomunikasi dengan audiens blog Anda serta kontak LinkedIn Anda secara bersamaan.

Bantu pelanggan Anda merasa bahwa kekhawatiran, pertanyaan, dan umpan balik mereka penting bagi Anda. Mereka tidak ingin berkomunikasi dengan perusahaan tanpa wajah. Pelanggan ingin kemampuan berbicara dengan seseorang secara langsung.

Mengawasi semua pesan pemasaran sosial keluar atas nama bisnis Anda. Periksa sebelum Anda mengirimnya. Terkadang hal-hal menyebar seperti api di media sosial dan kesalahan yang Anda buat bisa diselesaikan dengan cepat. Pastikan bahwa paparan yang diterima bisnis Anda adalah jenis yang akan meningkatkan nama baik perusahaan Anda.

Lakukan riset tentang jejaring sosial. Namun, Anda mungkin sudah memiliki profil Facebook, Anda harus tahu bahwa menggunakan media sosial apa pun untuk alasan profesional berbeda dari sekadar membawa ke teman. Internet penuh dengan informasi yang dapat membantu Anda. Anda juga dapat berbicara dengan pelatih pemasaran media sosial profesional untuk mendapatkan bantuan.

Ikat situs web Anda ke profil media sosial Anda. Anda dapat dengan mudah melakukan ini dengan memasukkan tombol bagikan pada halaman web Anda yang memungkinkan konsumen Anda berbagi konten dari Anda di halaman media sosial mereka sendiri. Akan mudah bagi audiens Anda untuk meneruskan konten Anda jika Anda memasukkan tombol pada semua umpan RSS, posting blog, dan halaman web utama Anda.

Mengadakan kontes melalui media sosial adalah cara yang bagus untuk mengembangkan reputasi positif dan memaparkan pemasaran Anda secara luas. Berita tentang kontes Anda akan menyebar dengan cepat karena perkembangan jejaring sosial. Jika Anda ingin mengumpulkan yang paling menarik, buatlah kontes ini kreatif dan menyenangkan. Tentu saja harus terkait dengan produk. Misalnya, Anda dapat menyelenggarakan kompetisi dan mengundang pengguna untuk merancang logo atau slogan baru untuk lini produk Anda berikutnya.

Cara yang sangat bagus untuk memasukkan pengikut Anda dalam upaya media sosial Anda adalah dengan membuat kontes foto yang berafiliasi dengan merek Anda. Berikan insentif kepada pengguna Anda untuk menghasilkan foto kreatif yang menyertakan merek Anda dan beri penghargaan kepada mereka untuk pekerjaan yang baik. Dengan kontes foto, misalnya, Anda dapat mengharapkan kata menyebar di berbagai bidang media sosial. Hasil akhirnya harus menjadi benjolan besar dalam lalu lintas Anda.

Pastikan Anda memberikan pembaruan terus-menerus agar halaman Anda tetap sesegar mungkin. Lebih mudah untuk mengirim posting jika Anda melakukannya pada jadwal yang ditentukan. Orang-orang akan check-in, jadi pastikan Anda menjaga informasi tetap segar. Pastikan Anda mengatur pengingat untuk membantu Anda mengingat untuk mengirim sesuatu yang baru ke blog.

Jika Anda ingin lebih memajukan pemasaran media sosial Anda, hubungkan blog Anda dengan LinkedIn. Jika Anda meletakkan tombol di blog Anda yang memungkinkan pembaca untuk membagikannya di LinkedIn, Anda dapat dengan cepat menambah potensi pembaca Anda. Pembaca yang menikmati blog Anda dapat dengan mudah membagikannya di profil LinkedIn mereka. Ini menciptakan publisitas gratis untuk Anda. Ini bisa menjadi metode yang sangat produktif karena ada lebih dari 100 juta pengguna.

Ketika orang-orang mulai belajar bahwa pemasaran media sosial adalah cara yang bagus untuk mendapatkan lebih banyak bisnis, penting untuk duduk dan mencari tahu apa jenis jasa yang dapat ditawarkan strategi ini. Sebuah rencana pemasaran yang gagal untuk mengakui jejaring sosial dapat membuat perusahaan menghadapi potensi kerugian penjualan dan tertinggal dalam persaingan para pesaingnya. Pemasar dan profesional lain dapat menggunakan saran dari artikel ini untuk memahami dan menerapkan prinsip-prinsip dasar pemasaran media sosial.